IMEI Tidak Valid

Bagaimana sih cara memperbaiki IMEI Tidak Valid atau mengatasi IMEI yang tiba tiba hilang entah kemana? Tenang, disini kami akan membantu anda dalam menangani masalah ini. Namun, untuk bisa paham kalian harus membaca ulasan ini hingga selesai.

Apakah kalian tahu apa itu IMEI? IMEI atau International Mobile Equipment Identity merupakan angka atau nomor unik pada device yang terdiri dari 15 digit. Setiap device memiliki nomor IMEI yang berbeda yang berfungsi sebagai identitas tiap device.

IMEI merupakan salah satu hal terpenting dalam sistem. Jika perangkat tidak memiliki IMEI maka perangkat tersebut tidak akan bisa bekerja secara maksimal karena tidak mendapatkan layanan jaringan sehingga pengguna tidak dapat melakukan panggilan telepon, mengirim sms, maupun menggunakan koneksi internet.

Nomor IMEI tersusun dengan format AA – BBBBBB – CCCCCC – D. Format nomor IMEI tersebut telah digunakan sejak tahun 2004 oleh produsen. Format AA dan BBBBBB disebut dengan Type Allocation Code ( TAC ) atau Kode Alokasi Jenis.

Bagian format TAC merupakan identitas nomor negara produsen (terdiri dari dua digit A) dan model type device (terdiri dari enam digit B).  Format enam digit C merupakan nomor serial unik yang berbeda pada tiap device dan 1 digit D merupakan nomor cek bahwa IMEI memenuhi Panduan Persetujuan.

Letak Informasi IMEI

Buat kalian yang masih bingung nih, sebenarnya dimana sih letak nomor IMEI smartphone atau device kalian? Sangat mudah untuk mengetahui letak nomor IMEI perangkat kalian. Kalian dapat melihat nomor IMEI kalian di beberapa tempat dengan melakukan pengecekan sebagai berikut :

1. Kardus Kemasan Ponsel

Kalian dapat melakukan pengecekan pada bagian luar kardus kemasan ponsel. Nomor IMEI berupa stiker kertas putih yang tertempel pada salah satu sisi kardus dan bertuliskan nomor IMEI ponsel kalian.

2. Pengaturan Pada Ponsel Android

Kalian dapat melakukan pengecekan dengan membuka menu pengaturan pada ponsel Android kalian. Pada smartphone, klik “Pengaturan” atau “Settings” lalu pilih “Tentang Ponsel” atau “About Phone” lalu akan menu selanjutnya.  Setelah halaman terbuka, tekan “Status”. Kemudian gulir layar hingga kalian menemukan data IMEI atau MEID. Jika kalian menggunakan layanan jaringan GSM maka menggunakan nomor IMEI, Jika menggunakan layanan jaringan CDMA menggunakan nomor MEID.

3. Badan Ponsel

Selanjutnya, kalian dapat melihat nomor IMEI kalian pada badan ponsel. Biasanya nomor IMEI terletak pada bagian bawah baterai atau dibalik tutup belakang ponsel. Pertama, matikan terlebih dahulu ponsel kalian untuk mencegah terjadinya hal yang tidak diinginkan. Lalu buka tutup belakang ponsel kalian. Kemudian lepas baterai dan lihat pada bagian badan ponsel tersebut.Jika kalian menggunakan baterai tanam biasanya nomor IMEI sudah dapat kalian setelah melepas tutup belakang ponsel dan tercetak pada label yang menyatu dengan ponsel.

4. Menggunakan Kode

Cara lain untuk mengecek IMEI adalah dengan mengetik kode pada Dial. Rata – rata setiap ponsel menggunakan kode ini untuk melakukan pengecekan nomor IMEI. Tekan kode * # 0 6 # pada ponsel kalian, kemudian nomor IMEI / MEID akan langsung tampil pada layar ponsel kalian.

Penyebab IMEI Hilang atau Tidak Valid

Penyebab IMEI Hilang atau Tidak Valid

Ketika melakukan pengecekan nomor IMEI dan tertera informasi bahwa nomor IMEI perangkat kalian hilang atau invalid, hal tersebut dapat disebabkan oleh berbagai faktor. Berikut merupakan beberapa faktor nomor IMEI pada perangkat kalian menjadi invalid:

1. Ponsel Android Berbasis Mediatek ( MTK )

Ponsel android yang menggunakan chipset berbasis mediatek ini memang rentan terjadi hilangnya nomor IMEI pada android.

2. Kesalahan Dalam Melakukan Flashing atau Root pada Ponsel

Flashing atau root merupakan sistem yang bukan didesain oleh produsen smartphone sehingga dapat mengubah pasrtisi yang ada.

Ketika partisi secro invalid atau corrupt, maka ponsel tidak akan mendapat layanan jaringan GSM. Partisi secro merupakan partisi yang menyimpan informasi yang dibutuhkan oleh IMEI.

  1. Sistem Operasi pada Ponsel Mengalami Error atau Bug
  2. Gagal Ketika Melakukan Update Operating System ( OS )
  3. Custom ROM

Cara Mengembalikan IMEI Yang Hilang Atau Invalid

Cara Mengembalikan IMEI Yang Hilang Atau Invalid

Jangan langsung terburu – buru membawa ponsel kalian ke Service Center. Sebelum kalian membawa ponsel kalian ke Service Center, ada baiknya jika kalian mencoba mengatasi hal tersebut terlebih dahulu. Ada beberapa cara yang dapat kalian lakukan dalam mengatasi IMEI invalid. Kalian dapat mencoba beberapa cara dibawah ini yang sesuai dengan ponsel kalian.

1. Menggunakan Kode

Pertama, kalian dapat mencoba cara yang sangat simple ini hanya dengan mengakses kode saja. Tekan *#*#3646633#*#*. Jika kode panggilan tersebut tidak sesuai atau tidak support dengan perangkat smartphone kalian, kalian dapat melakukan cara kedua.

2. Aplikasi MTK Engineering

Pengguna ponsel dengan chipset Mediatek dapat mengembalikan IMEI dengan menggunakan aplikasi MTK Engineering. Kalian dapat menemukan aplikasi ini pada Google Play Store dan mengunduhnya secara gratis.

  • Pertama, download dan install aplikasi ini pada smartphone kalian.
  • Kemudian buka aplikasi tersebut dengan menggunakan kode * # * # 3 6 4 6 6 3 3 # * # *.
  • Lalu pilih “Connectivy” > “CDS Information” > “Radio Information”.
  • Kemudian klik “Phone 1” atau “SIM 1” .
  • Setelah itu akan muncul AT+. Kalian dapat memasukkan nomor IMEI kalian pada bagian AT+EMGR=1,7.
  • Setelah itu klik “Send Command”.
  • Ulangi langkah tersebut pada SIM 2 jika kalian menggunakan dual SIM Card.

3. Aplikasi Chamelephone

Cara ini hanya berlaku untuk perangkat smartphone yang sudah di root. Aplikasi ini tersedia secara gratis dan memiliki langkah – langkah pengembalian IMEI yang lebih mudah.

  • Pertama, unduh dan install aplikasi Chamelephone.
  • Setelah itu, buka aplikasi tersebut dan kalian akan melihat tampilan yang sederhana berupa dua input box IMEI.
  • Masukkan nomor IMEI 1 dan IMEI 2 perangkat kalian pada kedua input box tersebut.
  • Setelah itu klik “Apply New IMEIs”.

Mudah bukan? Jangan lupa aplikasi ini hanya berlaku untuk perangkat yang sudah di root.

4. Aplikasi Terminal Emulator

Aplikasi ini berperan seperti Command Prompt (CMD) pada komputer kalian. Seperti biasa, pertama kalian unduh dan install aplikasi tersebut terlebih dahulu pada perangkat. Setelah itu, buka dan ketik “su” lalu tekan Enter. Lalu ketik echo’AT+EGMR=1,7,”IMEISMARTPHONE”’>/dev/radio/pttycmd1. Setelah itu restart ponsel kalian.

5. Dengan Factory Reset

Kalian dapat melakukan Factory Reset untuk mengatasi nomor IMEI yang hilang. Biasanya setelah melakukan Factory Reset, error dan bug pada sistem akan teratasi dan ponsel akan kembali seperti keadaan semula.

Termasuk nomor IMEI. Sebelum melakukan Factory Reset, jangan lupa untuk melakukan Backup Data pada External Storage kalian. Karena Factory Reset akan mengembalikan sistem seperti keadaan awal pabrik. Jadi, semua data yang tersimpan pada Internal Storage kalian akan terhapus.

Cara melakukan Reset sangat mudah sekali. Beberapa ponsel memiliki cara yang sama dan beberapa ponsel lain memiliki cara yang berbeda. Kalian dapat melakukan Factory Reset dengan membuka menu “Pengaturan “ atau “Settings” kemudian klik “Backup & Reset”. Setelah itu pilih “Factory Reset”.

Langkah Akhir Cara Mengatasi IMEI Tidak Valid

Jika nomor IMEI belum berhasil kembali, kemungkinan terjadi kerusakan pada sistem operasi di dalam perangkat kalian. Salah satu ciri terjadinya kerusakan sistem dalam ponsel adalah ketika sistem sudah tidak bisa di recovery dengan melakukan Reset Default atau Factory Reset.

Untuk memperbaiki kerusakan pada sistem, kalian dapat melakukan flashing firmware. Flashing firmware merupakan install ulang kembali firmware sehingga sistem pada ponsel kalian akan kembali fresh seperti awal. Kalian dapat melakukan flashing dengan membawa ponsel kalian ke service center.

Namun, perlu kalian ketahui bahwa flashing firmware memiliki beberapa resiko. Jangan sepelekan resiko dalam melakukan flashing. Flashing ulang memiliki beberapa resiko seperti bootloop (booting berulang) hanya keluar logo saja, hingga resiko ponsel mati total.

Selain itu, flashing firmware dapat menghilangkan garansi ponsel karena termasuk dalam perjanjian garansi ponsel. Jadi jika ponsel kalian maish memiliki garansi, lebih baik dibawa ke service center merk ponsel kalian. Sebelum melakukan flash, jangan lupa melakukan Backup data terlebih dahulu.

Demikianlah artikel mengenai cara memperbaiki IMEI yang tidak valid. Terdapat beberapa cara yang dapat kalian coba ketika perangkat kalian mengalami Invalid IMEI. Dari beberapa cara diatas kalian dapat memilih cara yang sesuai dengan ponsel kalian. Semoga artikel mypoin.id ini bermanfaat untuk kita semua. Selamat mencoba!