GCAM Redmi Note 7 Dan 7 Pro

GCAM Redmi Note 7 Dan 7 Pro – Karena brand smartphone ini populer di Indonesia, smartphone yang dirilis oleh Xiaomi ini sering kali mengalami ghoib. Hal ini sudah biasa terjadi pada brand Xiaomi, dimana para pembeli harus menunggu beberapa saat hingga stok produk ini hadir kembali.

Dan kejadian seperti ini selalu diakibatkan karena satu hal, spesifikasi yang ditawarkan jauh di atas harga penjualan. Oleh karena itu banyak orang yang menginginkan smartphone dari brand Xiaomi pada kelas manapun.

Xiaomi Redmi Note 7 dan 7 Pro, salah satu smartphone yang dirilis oleh Xiaomi dengan spesifikasi di atas rata-rata pesaingnya dari brand lain. Dengan segala kelebihan yang ditawarkan, kalian bisa mendapatkan smartphone dengan spesifikasi tinggi namun dengan harga yang terjangkau.

Tak hanya soal dapur pacu, kapasitas memori, dan RAM yang dibawanya, hasil tangkapan video dari Xiaomi Redmi Note 7 dan 7 Pro juga sudah sangat stabil dengan hadirnya fitur EIS.

Namun, banyak yang mengatakan bahwa hasil tangkapan kamera dari Xiaomi Redmi Note 7 dan 7 Pro ini masih dirasa kurang. Terlebih jika melihat resolusi yang amat tinggi, hasil kamera ini seperti di bawah rata-rata pesaingnya, meskipun sudah dilengkapi dengan EIS untuk pengambilan video.

Namun, ada satu cara untuk meningkatkan kualitas dari tangkapan kamera Xiaomi Redmi Note 7 dan 7 Pro ini, yaitu dengan memasang kamera GCam. Simak ulasan berikut ini.

Sekilas Tentang GCam (Google Camera)

Sekilas Tentang GCam (Google Camera)

Sebagai perusahaan teknologi raksasa, Google menciptakan banyak sekali inovasi dan terobosan dalam teknologi, salah satunya ada pada teknologi smartphone. Android yang merupakan sistem operasi dari banyaknya smartphone di dunia saat ini juga diciptakan dan dikembangkan secara berkala oleh Google.

Bahkan, tidak hanya membuat sistem operasi saja, Google juga merilis smartphone versi mereka sendiri yang dinamakan dengan Google Pixel.

Google Pixel memiliki kelebihan di satu sisi yang sangat menarik perhatian banyak pengguna smartphone, yaitu pada sektor kamera. Sejak pertama kali rilis, Google Pixel menjadi primadona di kalangan pengguna smartphone yang hobi fotografi.

Hasil foto dan video dari Google Pixel menunjukkan kualitas yang sulit ditandingi oleh banyak smartphone kompetitornya. Bahkan, hingga saat ini, seiring dengan berkembangnya model dari smartphone Google Pixel, kualitas tangkapan kamera dari smartphone ini tetap menjadi salah satu yang teratas.

Foto dan video berkualitas yang dihasilkan oleh kamera Google Pixel ternyata dipengaruhi oleh sensor kamera serta software pengolah gambar dari kamera. Google dengan sengaja mengembangkan software yang bisa menghasilkan gambar dengan kualitas tinggi.

Sehingga, selain mengandalkan sensor kamera, smartphone Google Pixel ini juga mengandalkan software tersebut. Smartphone dari brand lain seperti Xiaomi Redmi Note 7 dan 7 Pro memiliki sensor kamera yang baik, namun software yang bertugas untuk mengolah gambar di dalamnya masih dirasa kurang baik.

Kendala pada software pengolah gambar pada Xiaomi Redmi Note 7 dan 7 Pro ini bisa kalian atasi dengan satu cara yaitu menginstall software pengolah gambar milik Google Pixel. Karena dikembangkan oleh Google dan dirilis khusus untuk smartphone Google Pixel, software kamera ini diberi nama dengan sebutan “Google Camera” atau “GCam”. Sebenarnya GCam sendiri tersedia di Google Play Store, namun hanya bisa didownload jika kalian menggunakan Google Pixel.

GCam Untuk Xiaomi Redmi Note 7 Dan 7 Pro

GCam Untuk Xiaomi Redmi Note 7 Dan 7 Pro

GCam dikhususkan untuk smartphone Google Pixel saja, namun bukan berarti smartphone lain tidak bisa menggunakan software ini. Ada kabar baik bagi non pengguna Google Pixel karena GCam juga hadir untuk smartphone dari brand lain. Agar bisa digunakan pada smartphone lain, software ini merupakan software Google Camera yang diambil dari Google Pixel lalu mengalami berbagai perubahan di dalamnya.

Dengan sensor kamera berkualitas yang baik dari Xiaomi Xiaomi Redmi Note 7 dan 7 Pro serta software GCam di dalamnya, kalian bisa mendapatkan foto dan video dengan kelas yang lebih tinggi.

Tidak hanya soal ketajaman gambar, warna yang dihasilkan pun akan semakin indah. Mengambil foto serta video di malam hari juga semakin mudah dan gambarnya lebih tajam daripada saat menggunakan software bawaan.

Download GCAM Untuk Redmi Note 7 Dan 7 Pro

Download GCAM Untuk Redmi Note 7 Dan 7 Pro

Google Camera atau GCam yang dikembangkan oleh developer pihak ketiga memiliki banyak versi. Bahkan, untuk setiap jenis smartphone yang ada, biasanya akan ada versi GCam khususnya yang hanya bisa digunakan oleh smartphone tersebut.

Sebagai contoh, ada GCam yang dikembangkan khusus untuk smartphone Xiaomi Redmi Note 5, maka software ini hanya bisa digunakan oleh smartphone Xiaomi Redmi Note 5 saja. Bagaimana jika kita ingin memasang GCam pada Xiaomi Redmi Note 7 dan 7 Pro? Tentu saja, caranya adalah memasang software GCam yang tepat dan khusus untuk Xiaomi Redmi Note 7 dan 7 Pro.

Kalian bisa mencoba berbagai versi dari GCam yang ada untuk Xiaomi Redmi Note 7 dan 7 Pro. Namun, kalian bisa menggunakan software yang sudah kami sediakan pada link di bawah ini. Silakan download sesuai dengan versi smartphone Xiaomi Redmi Note 7 kalian:

  • Xiaomi Redmi Note 7

https://www.celsoazevedo.com/files/android/google-camera/f/changelog441/

https://f.celsoazevedo.com/file/gcamera/MGC_6.1.021_Arnova_xcam_RNote7.apk

  • Xiaomi Redmi Note 7 Pro

https://www.celsoazevedo.com/files/android/google-camera/f/changelog1433/

XML: https://www.celsoazevedo.com/files/android/p/f/2020/10/vioArnova52AS-stable.xml

https://www.mediafire.com/file/smtfy7u50z2g6x4/GCam_4.0beta4.191007.2303build-7.0.009.apk/file

Cara Install GCAM Redmi Note 7 dan Note 7 Pro

Cara Install GCAM Redmi Note 7 dan Note 7 Pro

Setelah mendownload aplikasi tersebut, kalian harus menginstallnya secara manual. Cara install manual ini membutuhkan perizinan di bagian “Settings” atau “Pengaturan” perangkat kalian. Untuk kalian yang belum pernah menginstall aplikasi dari luar Google Play Store, silakan ikuti cara-cara di bawah ini sesuai dengan urutannya:

  1. Buka “Settings”
  2. Masuk ke “Security”
  3. Cari menu “Unknown Source”
  4. Beri centang di menu tersebut
  5. Masuk ke “File Manager”
  6. Cari file apk dari GCam yang sudah kalian download tadi
  7. Tekan file tersebut
  8. Tekan “Install”
  9. Tunggu hingga instalasi selesai

Ketika instalasi selesai, kalian bisa langsung membuka aplikasi tersebut dan mulai mengambil gambar. Setelah itu, cek hasil foto maupun video tersebut melalui galeri dan lihat perbedaannya. Seharusnya, aplikasi GCam yang sudah terpasang ini bisa memberikan hasil gambar yang lebih baik daripada aplikasi bawaan dari Xiaomi Redmi Note 7 dan 7 Pro. Cobalah mengambil beberapa gambar dan cek kembali hasil foto serta video dari GCam ini.

Kendala Pada Aplikasi GCam

Kendala Pada Aplikasi GCam

Sesuai namanya, GCam atau Google Camera original hanya bisa diinstall pada smarpthone Google Pixel saja. Ketika diinstall dan digunakan pada smartphone lain, tidak menutup kemungkinan akan adanya error atau kendala yang muncul ketika digunakan.

Hal ini tergolong wajar karena aplikasi ini merupakan aplikasi yang dimodifikasi, bukan aplikasi original. Ketika mengalami kendala, jangan langsung panik karena terdapat solusi dari masalah yang biasanya muncul seperti ini.

Beberapa masalah atau kendala serta solusi dari kendala saat menginstall dan menggunakan GCam pada Xiaomi Redmi Note 7 dan 7 Pro bisa kalian temukan di bawah ini:

1. Kendala Saat Instalasi

Karena aplikasi GCam yang kalian download bukanlah aplikasi yang resmi dari Google Play Store, smartphone kalian akan secara otomatis menolak instalasi tersebut. Tidak hanya pada GCam, aplikasi dan game lain yang kalian download melalui situs atau blog selain Google Play Store akan mengalami hal yang sama saat kalian install.

Cara mengatasi masalah ini adalah dengan memberikan akses pada smartphone untuk menginstall aplikasi dari Google Play Store. Caranya adalah:

  • Buka “Pengaturan” perangkat
  • Masuk ke “Keamanan”
  • Beri centang pada menu “Sumber Tak Dikenal”
  • Install GCam kembali

2. Aplikasi Error Saat Instalasi

Saat ingin menginstall aplikasi Google Camera atau GCam, pengguna sering kali mengalami kegagalan. Hal ini dikarenakan versi GCam yang diinstall tidak cocok dengan jenis smartphone yang digunakan.

Bisa diakibatkan karena salah mendownload versi yang tepat atau versi tersebut sudah tidak cocok dengan smartphone kalian karena smartphone kalian sudah mengalami update MIUI. Solusinya adalah mendownload dan menginstall GCam versi lain yang lebih cocok dengan versi MIUI kalian saat ini.

3. Aplikasi Tidak Bisa Dibuka

Tidak hanya instalasi, ketika kalian selesai melakukan instalasi, terkadang aplikasi tetap tidak bisa dijalankan. Sumber dari masalah ini sama seperti masalah sebelumnya yaitu software GCam sudah tidak cocok dengan smartphone kalian.

Solusinya pun sama, cobalah untuk mencari GCam versi lain yang lebih baru sehingga cocok untuk smartphone Xiaomi Redmi Note 7 dan 7 Pro kalian yang sudah diupdate.

4. Hasil Tangkapan Kamera Lebih Buruk

Satu masalah yang sering dihadapi oleh pengguna smartphone saat menggunakan GCam adalah hasil kamera yang bahkan jauh lebih buruk dibandingkan dengan software kamera bawaan dari smartphone tersebut.

Biasanya hal ini terjadi karena software tersebut belum diatur sepenuhnya dan harus diatur terlebih dahulu. Pengaturan software ini berbeda dengan pengaturan kamera seperti biasanya karena yang diatur adalah software nya.

Solusi dari masalah ini adalah menggunakan pengaturan yang diberikan oleh pengembang dari GCam itu sendiri. Biasanya pengaturan tersebut diberikan dalam bentuk file XML dan disediakan bersamaan dengan file apk nya. Caranya adalah:

  • Buka aplikasi GCam
  • Masuk ke Settings
  • Pada bagian “General”, pilih “Save Settings”, hal ini dilakukan untuk membuat suatu folder baru pada ruang penyimpanan internal smartphone
  • Tutup aplikasi GCam
  • Masuk ke “File Manager”
  • Masuk ke dalam folder yang terbuat secara otomatis tadi pada Internal Storage – Gcam – Configs
  • Akan terdapat file dengan format .XML, hapus file .XML ini
  • Carilah file XML yang sudah kalian download bersamaan dengan saat mendownload GCam
  • Copy file XML tersebut ke folder tadi baru tadi (Internal Storage – Gcam – Configs)
  • Buka aplikasi GCam
  • Di layar bagian bawah, tekan bagian hitam
  • Jendela kecil bernama “Choose Config” akan muncul lalu pilih file yang sudah kalian salin tadi
  • Pilih “Restore”

Penutup

Demikianlah ulasan mengenai cara install GCam pada Xiaomi Redmi Note 7 dan 7 Pro. Dengan menggunakan GCam, kualitas tangkapan kamera kalian akan meningkat dan hasilnya akan lebih baik daripada menggunakan software kamera bawaan.

Silakan lakukan berbagai macam pengaturan dengan mode profesional untuk mendapatkan foto dan video yang sesuai dengan selera kalian masing-masing. Semoga artikel mypoin.id ini bermanfaat bagi kita semua. Selamat berkarya!.

Baca juga: