Gameloop FF

Gameloop FF – Berbagai jenis game online hadir pada smartphone dan kita bisa memainkannya dengan gratis. Mulai dari game petualangan RPG, strategi, hingga game yang mengandalkan kepercayaan dan fitnah antar sesama pemain online.

Namun, untuk genre yang lebih mengarah ke sektor kompetitif, game online dengan genre tembak menembak adalah salah satu genre yang tepat. Dan salah satu game dengan genre tembak menembak yang paling populer di Indonesia adalah Garena Free Fire.

Jika kita bicara tentang Free Fire, kita akan sering mendengar bahwa game ini termasuk ke dalam jajaran game ringan yang bisa dimainkan pada smartphone dengan spesifikasi “kentang”.

Apakah game ini buruk? Tentu tidak. Justru, karena game ini ringan dan bisa dimainkan pada smartphone tingkat bawah, game ini menjadi salah satu game yang paling banyak dimainkan setiap harinya oleh pengguna smartphone.

Ada satu kendala yang dialami pemain game smartphone saat memainkan game tembak menembak seperti Free Fire, CODM, PUBGM, dan lainnya. Kendala tersebut yaitu susahnya membidik target atau sasaran karena bidikan atau aim hanya dilakukan menggunakan satu jari saja.

Layar yang kurang sensitif atau terlalu sensitif juga sangat berpengaruh pada aim pemain. Terlebih, karena bermain menggunakan smartphone sangat bergantung pada baterai smartphone, pemain tidak bisa terlalu lama memainkannya. Solusi untuk masalah seperti ini adalah dengan menggunakan emulator Android pada komputer maupun laptop. Simak ulasan di bawah ini.

Apa Itu Emulator?

Apa Itu Emulator Android

Suatu game bisa kalian mainkan saat kalian menggunakan console yang tepat. Misal, untuk bermain game NDS, kalian harus menggunakan console NDS. Atau saat ingin bermain game PS2, kalian harus menggunakan console PS2 itu sendiri. Lalu bagaimana jika kita ingin memainkan game NDS, PS2, atau game console lainnya menggunakan komputer atau laptop kita? Jawabannya adalah dengan menggunakan emulator.

Jika kalian pernah menggunakan emulator seperti ePSXe atau PPSSPP, mungkin kalian tidak asing lagi dengan sistem emulator seperti ini. Software emulator memberikan kesempatan pada pengguna laptop dan komputer agar bisa memainkan game dari console lain. Kalian tidak perlu memiliki console mahal lagi untuk memainkan setiap game asyik dari console tersebut.

Bahkan ada orang yang memang dengan sengaja memainkan game PS2 menggunakan emulator meskipun sudah memiliki console PS2 di rumahnya. Hal tersebut dikarenakan pengalaman bermain menggunakan emulator sangat berbeda, terdapat fitur-fitur unik di dalamnya.

Sama halnya dengan Android, kalian bisa memainkan game Android menggunakan emulator Android pada komputer atau laptop kalian. Tidak hanya game saja, setiap aplikasi pada Android pun bisa kalian buka dan jalankan pada komputer melalui emulator Android.

Mulai dari game ringan dan berat seperti Pou dan Honkai Impact, hingga aplikasi chatting seperti Line dan Whatsapp. Semua jenis aplikasi yang kalian gunakan pada smartphone bisa kalian jalankan pada komputer dengan nuansa yang berbeda.

Cara Bermain Game Android Menggunakan Emulator

Cara Bermain Game Android Menggunakan Emulator

Sudah punya smartphone canggih tapi tetap bermain game Android menggunakan komputer, apakah itu wajar? Tentu saja wajar. Lalu, kenapa banyak orang yang menggunakan emulator untuk bermain game Android? Jawabannya ada pada beberapa faktor di bawah ini:

1. Kontrol

Banyak sekali orang yang mengeluhkan tentang sulitnya membidik sambil berlari pada game tembak menembak di smartphone. Tentu saja, pemain hanya disediakan kontrol berupa sentuhan pada satu layar dan hanya bisa menggunakan dua sampai empat jari saja di satu layar.

Tidak heran jika game tembak menembak pada smartphone Android dan iOS akhirnya menambahkan fitur auto aim agar kontrol dan bidikan pemain terasa mudah, namun hal tersebut sangat mengurangi keseruan dalam game tembak menembak.

Beda halnya dengan memainkan game Android menggunakan emulator. Dengan emulator, pemain bisa menggunakan keyboard dan mouse sebagai kontrol utama. Berlari menggunakan tombol WASD dan membidik menggunakan mouse layaknya game tembak menembak versi PC. Kontrol seperti ini sangat enak digunakan, terlebih saat memainkan game Free Fire.

2. Performa

Kalian punya smartphone kentang tapi komputer atau laptop kalian berspesifikasi dewa? Langsung saja tinggalkan smartphone kalian saat ingin main game Android dan gunakan komputer serta laptop tersebut.

Kinerja yang baik pada komputer kalian akan memberikan kinerja yang baik pula pada game Android yang kalian mainkan menggunakan emulator. Tidak jarang jika pemain merasakan keseruan tersendiri dalam memainkan game Android pada tingkat kinerja maksimalnya karena bisa disetting hingga rata kanan dan tanpa lag sama sekali.

3. Grafis

Game Android dibuat dan dikembangkan dengan menyesuaikan kinerja smartphone serta ukuran layar dari smartphone tersebut. Tampilan visual dari game Android sering kali memiliki desain yang tampak buruk, namun hal tersebut bukanlah kesalahan dari pihak pengembang.

Biasanya masalah seperti ini terjadi karena smartphone kalian tidak begitu kuat untuk mengangkat grafis tingkat tinggi sehingga game tersebut secara otomatis menurunkan kualitasnya demi menjaga performa agar tetap stabil. Dengan menggunakan emulator Android, kalian bisa mendapatkan tampilan visual dengan grafis tertinggi karena komputer atau laptop kalian sanggup menjalankannya.

4. Baterai

Satu hal yang menjadi musuh utama dari pemain game smartphone adalah baterai. Saat sedang asyik-asyiknya menerjang squad musuh, tiba-tiba saja notifikasi “Baterai Lemah” muncul. Pandangan pun terhalang sementara oleh notifikasi tersebut dan game yang kalian mainkan mengalami penurunan kinerja.

Kemenangan sudah di depan mata, namun smartphone kalian sudah tidak sanggup diajak bertempur lagi, terpaksa kalian harus menutup game tersebut dan mengisi daya terlebih dahulu sebelum memulai pertempuran lagi. Menyebalkan bukan? Hal seperti ini tentunya bisa dihindari jika kalian menggunakan komputer atau laptop ketika bermain game Android, terutama game yang kompetitif seperti Free Fire.

Saat menggunakan komputer atau laptop yang terhubung dengan stop kontak atau terminal listrik, kalian tidak perlu khawatir masalah baterai ini dan bisa bermain sepuasnya tanpa gangguan teknis lainnya.

Setelah mengetahui beberapa hal di atas, kalian mungkin penasaran dan ingin mencoba memainkan game tembak menembak Android seperti Free Fire menggunakan komputer atau laptop kalian.

Ada satu emulator khusus yang bisa kalian gunakan untuk bermain game Free Fire karena emulator tersebut memang dikembangkan untuk game Free Fire. Emulator ini bernama Gameloop. Silakan simak mengenai Gameloop Free Fire di bawah ini.

Baca juga: Nama FF Keren Predator

Gameloop FF (Free Fire)

Gameloop FF

Gameloop dibuat oleh Tencent selaku perusahaan pengembang game dari negeri tirai bambu. Emulator ini merupakan emulator resmi untuk beberapa game seperti PUBG Mobile, AOV, League of Legends: Wild Rift, Call Of Duty, dan tentunya Free Fire. Yang membedakan emulator Gameloop dengan emulator Android lainnya (NoxPlayer, Bluestack, dll) ada di beberapa sisi, yaitu:

1. Kontrol Yang Akurat

Menggunakan emulator berarti menggunakan keyboard dan mouse sebagai input. Sayangnya, tidak semua emulator bisa menerjemahkan gerakan mouse dan ketukan keyboard ke dalam gesture pada layar, terutama saat bermain game.

Karena Gameloop dikembangkan untuk bermain game Free Fire, kalian bisa memainkan game Free Fire dengan menggunakan keyboard dan mouse secara lancar dengan gerakan yang akurat.

2. Support Multi Screen

Komputer kalian memiliki banyak monitor yang digabungkan menjadi satu? Jangan khawatir, Gameloop memiliki sistem yang sudah mendukung tampilan multi screen seperti itu dan kalian bisa memainkan game Android dengan layar yang jauh lebih besar lagi. Layar lebih besar berarti kalian bisa melihat musuh dengan lebih jelas meskipun posisi mereka sangat jauh dan hanya terlihat seperti titik saja.

3. Support Video Recording

Salah satu fitur yang paling berguna bagi Youtube atau pemain game profesional, yakni fitur video recording. Smartphone Android tidak semuanya mendukung fitur perekaman layar saat bermain game.

Terlebih, smartphone Android saat ini memiliki batasan pada kinerja prosesor sehingga saat kalian memainkan game sambil merekam layar, otomatis smartphone kalian akan bekerja sangat keras.

Tidak jarang smartphone kalian mengalami overheat atau stuttering pada game yang kalian mainkan. Oleh karena itu, jika kalian ingin membuat konten tentang game Free Fire, lebih cocok menggunakan emulator seperti Gameloop FF ini.

Cara Download Gameloop FF (Free Fire) di PC atau Laptop

Setelah melihat beberapa kelebihan dari fitur yang dibawa oleh emulator Gameloop, kalian mungkin tertarik dan ingin menggunakan emulator sebagai media untuk memainkan game Free Fire. Untuk mendapatkannya, silakan ikuti cara-cara di bawah ini untuk mendownload emulator Gameloop FF:

  1. Masuk ke situs resmi gameloop.com/id/
  2. Di pojok kanan atas layar, langsung saja klik “Unduh Client
  3. Tunggu beberapa saat hingga installer Gameloop FF selesai didownload.

Cara Install Gameloop Free Fire

Cara Install Gameloop Free Fire

File yang kalian download tadi hanya beberapa MB saja dan bukan file asli melainkan installer. Kalian harus menjalankan aplikasi tersebut dan menginstall Gameloop secara keseluruhan. Caranya adalah:

  1. Buka file installer Gameloop yang sudah kalian download tadi
  2. Klik “Start” lalu tunggu hingga download dan instalasi Gameloop selesai
  3. Cari game “Free Fire” pada list
  4. Klik game Free Fire tersebut lalu klik “Install” dan tunggu hingga download selesai, biasanya akan memakan waktu mulai dari setengah jam hingga beberapa jam.

Cara Menggunakan Gameloop Free Fire

Cara Menggunakan Gameloop Free Fire

Setelah selesai mendownload game Free Fire pada emulator Gameloop, kalian sudah bisa langsung memainkan game Free Fire ini dengan lancar. Setingan grafis dan performa sudah diatur secara manual mengikuti spesifikasi dari komputer atau laptop kalian sehingga kalian tidak perlu repot-repot lagi mengaturnya. Cara menggunakan Gameloop untuk bermain game Free Fire adalah:

  1. Buka aplikasi Gameloop
  2. Masuk ke “Library
  3. Pilih “Free Fire
  4. Tunggu hingga loading selesai
  5. Login ke dalam akun kalian.

Mudah bukan? Selain itu, kalian tidak perlu lagi mengubah pengaturan kontrol seperti saat menggunakan emulator lain. Kontrol pada Gameloop sudah disesuaikan dengan kontrol pada umumnya bagi pemain game Free Fire.

Gesture dan gerakan mouse saat aim juga sudah smooth sehingga membidik musuh menjadi lebih mudah. Menjadi “The last man standing” akan terasa lebih mudah dan kalian bisa berkali-kali mendapatkan Booyah!.

Baca juga: Nama FF Keren dan Artinya

Penutup

Demikianlah ulasan mengenai emulator Gameloop Free Fire. Kalian bisa mendapatkannya gratis melalui situs resminya dan instalasi emulator tersebut sangat mudah. Dengan kontrol yang sudah dikembangkan dan disesuaikan dengan game FF, kalian akan lebih mudah untuk menggerakkan karakter dan membidik musuh. Semoga artikel mypoin.id ini bermanfaat untuk kita semua. Selamat bermain!