FUP IndiHome

FUP IndiHome merupakan batas penggunaan kuota internet yang diberlakukan oleh pihak IndiHome pada batas penggunaan tertentu. Setiap pengguna layanan internet Telkom, pasti akan kena FUP karena memang sudah merupakan ketentuan dari pihak IndiHome.

Layanan ini dimaksudkan untuk stabilitas penggunaan jaringan internet dari pihak IndiHome, walaupun kenyataannya berbalik.

Untuk  para pengguna layanan internet IndiHome, sangat wajib banget tahu FUP ini. Karena mereka pasti akan mengalami kelambatan akses ketika batas FUP mereka sudah habis. Tidak jarang, para penggunanya akan sering komplain kepada pihak IndiHome, karena jaringannya melambat. Sebenarnya bukan karena kualtias jaringannya yang terganggu, melainkan karena FUP ini.

Setiap pengguna layanan internet IndiHome pasti akan memiliki batasan penggunaan jaringan FUP. Dan setiap batasannya ini memiliki kapasitas yang berbeda-beda antara 1 pengguna dengan pengguna lainnya.

Apa itu FUP IndiHome?

FUP IndiHome

FUP merupakan kepanjangan dari istilah Fair Usage Policy, maksudnya adalah kebijakan penggunaan normal layanan internet dari IndiHome. Sistem ini dibuat dengan tujuan agar pengguna bisa menggunakan layanan internet tidak berlebihan. Pengguna bisa menggunakan layanan kuota internet sesuai standar paket yang digunakannya.

Sederhananya, pengguna layanan internet IndiHome akan mengalami penurunan kecepatan akses ketika sudah melampaui batas pemakaian normal. Setiap jenis paket layanan internet IndiHome memiliki batas FUP berbeda antara satu jenis paket dengan jenis paket lainnya.

Jenis-Jenis Batasan FUP IndiHome

FUP IndiHome

Seperti yang dikatakan sebelumnya, bahwa setiap jenis paket internet IndiHome ini memiliki FUP yang berbeda antara paket satu dengan paket lainnya. Ketentuan FUP itu di bagi menjadi 2 yaitu FUP 1 dan FUP 2.

Jika batas pemakaian internet sudah mencapai pemakaian internet FUP 1, maka kecepatan internet akan diturunkan hingga 75%. Sedangkan jika sudah mencapai batas FUP 2, maka kecepatannya akan dikurangi 40%.

Namun usut punya usut, hal ini diberlakukan IndiHome hanya untuk pelanggan yang menggunakan layanan internet di bawah 100 MBPS. Sedangkan pelanggan yang menggunakan layanan internet di atas 100 MBPS, tidak akan dikenakan kebijakan FUP ini. Adapun jenis-jenis batasan FUP  ini, di antaranya adalah sebagai berikut:

1. FUP IndiHome 10 MBPS

Para pengguna layanan internet IndiHome maka akan mendapatkan FUP sebesar 300 GB. Jika kamu sudah menggunakan internet ini melebihi 200 GB, maka kecepatan internetnya akan diturunkan jadi 5MBPS atau 25% dari kapasitas standarnya. Jika pengguna sudah melebihi 300 GB maka kecepatan aksesnya akan diturunkan 40% dari pemakaian standar. Pemakaian ini akan kembali menjadi 0MBPS ketika di reset setiap bulannya (tanggal 1).

2. FUP IndiHome 20 MBPS

Para pengguna layanan internet IndiHome dengan kecepatan 20 MBPS, akan mendapatkan batasan FUP sebesar 500 GB. Jika pengguna sudah mencapai batas maksimal penggunaan hingga 500 GB maka kecepatan internet mereka akan diturunkan menjadi 15 MBPS. Akan tetapi jika pengguna ternyata sudah mencapai batas maksimal penggunaan hingga 800 GB maka kecepatannya akan diturunkan menjadi 8 MBPS.

3. FUP IndiHome 30 MBPS

Para pengguna layanan internet IndiHome dengan kecepatan 30 MBPS, akan diberikan kapasitas maksimal FUP sebesar 800 GB. Jika pengguna sudah mencapai penggunaan hingga 600 GB maka kecepatannya akan diturunkan jadi 15 MBPS. Sedangkan jika pemakaiannya sudah mencapai 800 GB maka kecepatannya akan diturunkan 40% dari normal penggunaan hingga 9MBPS saja.

4. FUP IndiHome 40 MBPS

Paket internet 40 MBPS memiliki FUP sebesar 900 GB dengan penurunan kecepatan 30 MBPS. Kemudian jika penggunaannya sudah mencapai 1600 GB maka kecepatannya akan diturunkan menjadi 16 MBPS saja atau sebesar 40% dari kecepatan normal.

5. FUP IndiHome 50 MBPS

Para pengguna layanan internet IndiHome 50 MBPS akan mendapatkan FUP sebesar 1200 GB dengan penurunan kecepatan hingga 37 MBPS. Jika penggunaannya sudah mencapai 2000 GB, maka daya aksesnya akan diturunkan menjadi 20 MBPS dari batas akses internet IndiHome normal.

6. FUP IndiHome 100 MBPS

Jika kamu menggunakan layanan internet 100 MBPS dari IndiHome, maka kamu akan dapatkan FUP sebesar 2000 GB. Apabila pemakaian sudah mencapai 1200 GB maka kecepatan aksesnya akan dikurangi menjadi 45 MBPS. Jika pemakaian sudah mencapai 2000 GB, maka kecepatannya akan diturunkan hingga 30 MBPS (40% dari pemakaian normal).

Cara Cek FUP IndiHome

FUP IndiHome

Setelah tahu batas FUP, tentu kamu penasaran dengan FUP internet yang kamu gunakan bukan? Cara cek FUP IndiHome itu sangat mudah, kamu bisa gunakan beberapa cara untuk mengetahuinya dengan mudah. Nah berikut ini saya tuliskan beberapa cara cek FUP internet IndiHome dengan mudah.

1. Cek Melalui Aplikasi My IndiHome

Cara pertama kamu bisa gunakan aplikasi My IndiHome untuk mengecek FUP. Kamu bisa unduh aplikasi ini secara gratis melalui Google Play store. Cara ceknya juga sangat mudah sekali. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Silakan kamu instal aplikasi My IndiHome
  • Silakan kamu login dengan akun My IndiHome yang kamu punya
  • Jika belum punya akunnya, silakan buat dan daftar terlebih dahulu
  • Untuk tahu FUP internet IndiHome, silakan kamu klik status langganan
  • Akan muncul jumlah FUP internet IndiHome kamu

2. Cek Melalui Website IndiHome

Cara kedua yang bisa kamu gunakan untuk cek FUP layanan internet kamu adalah dengan menggunakan website IndiHome. Di situs IndiHome kamu bisa mengetahui status langganan kamu, jumlah sisa kuota internet IndiHome yang kamu miliki serta FUP di layanan internet yang kamu gunakan. Adapun cara mengecek FUP internet  di rumah kamu adalah sebagai berikut:

  • Silakan kunjungi halaman situs IndiHome www.IndiHome.co.id
  • Kemudian klik daftar dan buat akunnya terlebih dahulu sesuai dengan data IndiHome langganan kamu
  • Jika sudah punya akunnya, tinggal login dengan email dan password akun IndiHome langganan kamu
  • Setelah masuk ke halaman situsnya, kamu tinggal klik status langganan
  • Akan muncul detail FUP yang kamu miliki serta detail lainnya

3. Cek Melalui SMS

Cara terakhir yang bisa kamu gunakan untuk melakukan pengecekan FUP internet kamu adalah melalui SMS. Ini adalah salah satu cara paling mudah yang bisa kamu lakukan. Karena kamu bisa cek FUP tanpa menggunakan koneksi internet. Adapun cara cek FUP internet melalui SMS yaitu sebagai berikut:

  • Buka SMS di ponsel kamu
  • Kemudian ketik SMS dengan format berikut: ISP [Spasi] IH [Spasi] Kode Area + Nomor Telepon Rumah
  • Kirimkan pesan ke 98108
  • Kamu akan dapat melihat detail FUP dan detail langganan internet kamu

Penutup

Setiap paket internet memiliki batasan FUP yang berbeda, seperti yang dijelaskan di atas. Kamu bisa melakukan pengecekannya dengan menggunakan aplikasi My IndiHome, website IndiHome dan juga dengan menggunakan layanan SMS IndiHome. FUP ini penting dipahami agar tidak salah ketika kamu akan komplain kepada pihak IndiHome, karena ini memang sudah masuk ketentuan layanannya.

Baca juga: