Cara Mengembalikan Video Yang Terhapus

Cara Mengembalikan Video yang Terhapus di Android – Fotografi dan videografi merupakan seni pengambilan gambar dengan menggunakan alat khusus bernama kamera yang semakin populer seiring berkembangnya zaman.

Jika sebelumnya foto yang dihasilkan oleh kamera hanya berwarna hitam putih saja, sekarang foto sudah memiliki warna cerah alami. Bahkan, foto yang diambil sudah bisa diproses dengan berbagai filter dan efek menggunakan komputer saja. Tidak hanya komputer, smartphone yang digunakan oleh seluruh manusia di dunia juga sudah bisa memproses foto serta video dengan canggih.

Smartphone zaman sekarang memiliki kamera yang sangat mumpuni. Tidak hanya soal foto, video yang diambil juga memiliki tingkat stabilitas yang tinggi. Hasil foto dan video yang diabadikan menggunakan kamera smartphone bahkan bisa bersaing dengan hasil dari kamera DSLR, kamera versi profesional.

Oleh karena itu, sekarang manusia tidak perlu lagi membawa kamera dan beberapa peralatan pendukung dengan berat beberapa kilogram lagi, cukup bawa satu smartphone dengan berat 200gram saja.

Namun, karena foto dan video yang direkam menggunakan smartphone akan masuk ke dalam galeri dan file manager smartphone, sering kali file tersebut terhapus secara tidak sengaja. Baik video berdurasi singkat maupun panjang, keduanya tidak luput dari kejadian terhapus secara tidak sengaja.

Karena kejadian seperti ini sering kali menimpa pengguna smartphone terutama Android, banyak pengguna yang kehilangan momen berharganya yang tersimpan pada video tersebut. Bagaimana cara mengembalikan video yang terhapus? Simak ulasan di bawah ini.

Penyebab Video Pada Smartphone Terhapus

Smartphone mengusung sistem storage atau ruang penyimpanan digital menggunakan memori internal dan memori eksternal. Keduanya berfungsi untuk menyimpan segala jenis file yang terdapat pada smartphone.

Baik file sistem Android hingga file stiker Whatsapp, semuanya disimpan dalam bentuk file dengan folder yang rapi. Folder ini memiliki nama khusus sebagai alamat file pada sistem storage smartphone.

Jika kalian membuka File Manager pada smartphone kalian, kalian akan menemukan segala jenis file yang tersimpan di dalamnya. Kalian pasti tidak asing dengan folder “Android” serta folder “OBB”, tempat penyimpanan data sistem dan data aplikasi.

Selain itu, kalian juga bisa melihat folder dari beberapa aplikasi tertentu seperti folder Whatsapp yang berisi data pengguna. Pada folder Whatsapp ini kalian bahkan bisa melihat foto serta video yang kalian kirim kepada pengguna lain maupun yang kalian terima.

Saat memori atau storage sudah penuh, pengguna smartphone Android sering kali menggunakan aplikasi penghapus Chache atau penghapus file yang tidak diperlukan. Gunanya adalah untuk membuat smartphone Android berjalan lebih lancar karena memori sistem berkurang dan prosesor bisa bekerja dengan lebih leluasa dan lebih cepat. Lebih luas berarti lebih lancar, dan lebih lancar berarti kinerja smartphone akan lebih optimal.

Sayangnya, cara melonggarkan ruang penyimpanan seperti ini terkadang membawa satu hal buruk yaitu file – file besar seperti video ikut terhapus karena dianggap sebagai file yang tidak berguna.

Video seperti ini biasanya akan terhapus saat kalian memilih mode pembersihan total, atau mode penghapusan file besar. Sering sekali terjadi masalah video yang ikut terhapus karena aplikasi pembersih Chache dan pembersih ruang penyimpanan bekerja secara otomatis.

Apakah Bisa Mengembalikan File Video Yang Sudah Terhapus Permanen Pada Android?

Apakah Bisa Mengembalikan File Video Yang Sudah Terhapus Permanen Pada Android

Smartphone memiliki sistem komputasi sendiri di dalamnya, dan sistem ini menjaga serta menjalankan sistem operasi dengan optimal. Karena smartphone sejatinya adalah komputer versi mini yang ditambahkan layar sentuh, maka sistem kerja mesin dan software nya sama.

Kalau kalian pernah mendengar tentang pengembalian data yang terhapus pada komputer, maka kalian juga bisa melakukan hal yang sama pada smartphone Android kalian.

Cara Mengembalikan Video Yang Terhapus di Android

File yang terhapus pada smartphone Android sebenarnya masih bisa “diselamatkan” atau “dicari” kembali menggunakan beberapa cara khusus. Sebelum teknologi komputer berkembang, menyelamatkan data yang hilang atau terhapus sangatlah sulit, pengguna komputer harus membongkar kepingan hardisk mereka dan menyelamatkan file mereka dengan alat lain.

Namun, lain halnya dengan teknologi canggih saat ini. Tanpa harus membongkar perangkat, kalian sudah bisa menyelamatkan file yang terhapus menggunakan software saja.

Terdapat beberapa cara untuk menyelamatkan atau mengembalikan video yang terhapus pada smartphone Android. Jika kalian belum pernah melakukan recovery data atau menyelamatkan file yang terhapus, silakan ikuti beberapa cara – cara di bawah ini:

1. File Recovery – Recover Deleted Files

File Recovery - Recover Deleted Files

Pertama, kalian bisa menggunakan aplikasi Android bernama File Recovery – Recover Deleted Files. Aplikasi ini adalah aplikasi yang bisa kalian download dengan gratis melalui Google Play Store.

Kalian tidak hanya bisa mengembalikan file video yang terhapus, file lain seperti foto dan audio bisa direstore atau dikembalikan seperti semula setelah terhapus secara tidak sengaja. Untuk menggunakan aplikasi File Recovery ini, silakan ikuti langkah – langkah berikut:

  • Download File Recovery – Recover Deleted Files melalui Google Play Store pada smartphone kalian
  • Tunggu hingga download selesai
  • Lakukan instalasi dan tunggu
  • Jalankan aplikasi
  • Pilih menu “Video Recovery”
  • Aplikasi File Recovery akan memindai file video yang terhapus dari smartphone Android kalian, silakan tunggu beberapa saat
  • Pilih video yang terhapus
  • Pilih“Restore Now”

2. DiskDigger Photo Recovery

DiskDigger Photo Recovery

Sama seperti aplikasi sebelumnya, aplikasi DiskDigger Photo Recovery ini bisa kalian dapatkan dengan gratis melalui Google Play Store. Untuk menggunakan aplikasi DiskDigger ini, silakan ikuti langkah – langkah berikut:

  • Download DiskDigger Photo Recovery melalui Google Play Store pada smartphone kalian
  • Tunggu hingga download selesai
  • Lakukan instalasi dan tunggu
  • Jalankan aplikasi
  • Pilih “Start Basic Photo Scan” lalu pilihlah folder untuk menyimpan file yang direstore
  • Aplikasi DiskDigger akan memindai file foto serta video yang terhapus dari smartphone Android kalian, silakan tunggu beberapa saat
  • Pilih video yang terhapus
  • Tekan“Recover Button”

3. Recuva (PC)

Recuva (PC)

Cara selanjutnya adalah recovery file video menggunakan bantuan PC, komputer atau laptop. Dengan menggunakan aplikasi komputer yang sudah terpercaya, lebih banyak file yang bisa dikembalikan seperti semula. Caranya cukup mudah dan hampir mirip dengan mengembalikan file video langsung menggunakan aplikasi Android. Ikuti langkah – langkah berikut:

  • Download dan install Recuva melalui situs resminya
  • Buka aplikasi Recuva yang sudah kalian install tadi
  • Sambungkan smartphone dengan komputer atau laptop melalui kabel data, gunakan kabel data dengan kualitas bagus agar transfer data berjalan dengan lancar
  • Pilih “Video” untuk mengembalikan file video yang terhapus pada smartphone
  • Pilih lokasi atau folder tempat file video tersebut berada sebelum hilang
  • Setelah itu, tunggu beberapa saat hingga file video yang hilang muncul kembali
  • Simpan video tersebut lalu matikan aplikasi dan cabut kabel data dari komputer atau laptop

Untuk mendownload aplikasi Recuva (PC), silakan download melalui situs resminya atau gunakan link di bawah ini:

https://recoverit.wondershare.com/download-recoverit-windows-new.html

4. Wondershare MobileTrans (PC)

Wondershare MobileTrans (PC)

Sama seperti cara sebelumnya, cara ini membutuhkan koneksi antara smartphone dengan komputer atau laptop melalui kabel data. Yang berbeda adalah aplikasi yang digunakan saja, tinggal pilih ingin menggunakan aplikasi yang mana. Untuk mengembalikan file video yang terhapus pada smartphone menggunakan Wondershare MobileTrans, silakan ikuti langkah – langkah di bawah ini:

  • Download dan install Wondershare MobileTrans melalui situs resminya
  • Buka aplikasi Wondershare MobileTrans
  • Sambungkan smartphone Android kalian dengan komputer atau laptop tersebut menggunakan kabel data dengan kualitas yang bagus
  • Pilih “Android Data Recovery”
  • Tunggu hingga pemindaian selesai
  • Pilih file yang ingin kalian kembalikan, lalu pilih menu “Recover”

Untuk mendownload aplikasi Recuva (PC), silakan download melalui situs resminya atau gunakan link di bawah ini:

https://mobiletrans.wondershare.com/download-mobiletrans-windows-new.html

Beberapa Hal Yang Perlu Diperhatikan Saat Menggunakan Aplikasi Recovery

Tidak bisa dipungkiri, tidak sengaja menghapus suatu file penting merupakan kelalaian pengguna. Banyak kasus tentang pengguna yang menggunakan aplikasi recovery seperti ini namun file yang terhapus tetap saja tidak bisa kembali.

Bahkan, terkadang file penting dari pekerjaan atau tugas kita juga bisa hilang dan mau tidak mau kita harus mengerjakan tugas atau pekerjaan tersebut dari awal lagi. Tentu sangat menyebalkan bukan?

Jika kalian mengalami kejadian seperti tidak sengaja menghapus file penting atau file penting kalian terhapus akibat virus, jangan langsung bertindak gegabah. Lakukan beberapa hal di bawah ini:

1. Jangan Matikan Smartphone Kalian

Data file pada smartphone dan perangkat elektronik lainnya memiliki kaitan yang sangat erat dengan sifat kelistrikan yang ada pada perangkat tersebut. Karena arus listrik pada perangkat bisa mempengaruhi file yang ada di dalamnya, ada kasus file yang hilang setelah perangkat mengalami korsleting seperti data corrupt dan sebagainya.

Selain itu, file yang terhapus biasanya tidak benar – benar terhapus, tapi masih tersimpan dalam bentuk elektrik pada kartu memori atau memori internal smartphone. Oleh karena itu, jika video kalian terhapus, jangan mematikan smartphone kalian karena data yang terhapus akan tetap “utuh” beberapa saat setelah file itu terhapus.

2. Jangan Cabut Kartu Memori

Kita tahu bahwa kartu memori adalah tempat atau ruang penyimpanan bagi smartphone, baik Android maupun iOS. Jika kalian tidak sengaja menghapus suatu file lalu mencabut kartu memori tersebut dari perangkat.

Kalian bisa kehilangan file yang terhapus tadi selamanya karena data yang tersimpan sementara sudah hilang saat kartu memori tidak lagi dialiri arus listrik oleh perangkat. Pastikan kalian menggunakan cara yang sudah diakui oleh banyak pengguna lain atau mintalah pertolongan pada teman atau keluarga yang mengerti.

3. Segera Install Aplikasi Recovery

Jangan menunggu lama jika kalian tidak sengaja menghapus file video dari smartphone kalian. Jika terlalu lama dan tidak kunjung diselamatkan, file tersebut bisa hilang selamanya.

Segeralah buka Google Play Store lalu install aplikasi recovery data apapun dan langsung pindai file yang terhapus dari smartphone kalian. Dengan cara ini, kalian bisa meminimalisir kemungkinan data yang hilang tersebut untuk tidak terhapus selamanya.

Penutup

Demikianlah ulasan mengenai cara mengembalikan video yang terhapus pada smartphone Android. Dengan aplikasi yang ada di market Android (Google Play Store), kalian bisa melakukan recovery data sendiri secara cepat agar file yang terhapus masih bisa diselamatkan.

Selain itu, gunakan lebih dari satu aplikasi agar hasil recovery lebih maksimal, bisa saja di satu aplikasi kalian tidak menemukan file video yang terhapus tersebut. Semoga artikel mypoin.id ini bermanfaat untuk kita semua. Selamat mencoba!

Baca juga: